T : Saya sering mendapat stress disebabkan sesuatu yg tidak berhubungan dengan orang lain, misalnya berbicara di hadapan orang banyak atau jika mempunyai deadline.
Dapatkah Meditasi Transcendental membantu ?

J : Tidak ada stress-meter, alat atau standar untuk mengukur tingkat stress. Apa yang orang anggap sebagai stress adalah stress untuk orang tersebut, tidak masalah apakah orang lain akan menganggapnya sebagai stress juga atau tidak. Dan kerentanan terhadap stress sangat tergantung pada fisiologi anda. Dengan melakukan Meditasi Transcendental secara teratur, maka toleransi atau daya tahan terhadap stress akan meningkat, hamper sama seperti vaksin stress.

Penelitian yang berhubungan dengan hal ini dapat dilihat di http://www.doctorsontm.com/popups/research/reduced_stress_faster_recovery.html

T : Apakah ada penelitihan yang menunjukkan efek ini?
J : Banyak penelitihan yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa Meditasi Transcendental adalah program yang efektif dalam mengurangi stress, kecemasan, depresi dan bahkan gejala penyakit stress akibat suatu trauma. Anda dapat menganggap stress sebagai rangkaian kesatuan dari level yang terendah dari stress sampai penyakit stress akibat trauma. Meditasi Transcendental sudah dibuktikan sangat efektif untuk mengatasi semua spektrum ini.

Penelitian yang berhubungan dengan hal ini dapat dilihat di :
http://www.doctorsontm.com/popups/research/depression_anxiety_insomnia.html

T :Apa hubungan stress dengan tidak bisa tidur ? Saya hampir tidak pernah bisa mendapatkan tidur yang nyenyak. Apakah Meditasi Transcendental dapat mengatasi hal ini?
J : Stress akibat tidak bisa tidur diakumulasi sepanjang waktu. Dan jika anda mendapatkan tidur yang normal suatu waktu, maka tidur tersebut tidak dapat menghilangkan akumulasi stress yang terjadi setiap hari. Tidur hanya dapat menghilangkan kelelahan pada hari itu. Jadi kelelahan dan stress akan terus timbul. Bahkan jika anda pergi berlibur, maka relaksasi tidak akan bertahan lama saat anda kembali ke kehidupan yang normal. Itu sebabnya setiap orang membutuhkan suatu cara untuk menghilangkan akumulasi kelelahan dan stress yang terjadi setiap hari, yang seringkali dapat menyebabkan orang tidak dapat tidur.
Melakukan Meditasi Transcendental secara teratur dapat menghilangkan stress yang terakumulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berlatih Meditasi Transcendental dapat meningkatkan kesehatan, termasuk fisiologi. Para peneliti mengestimasi bahwa 70-90% penyakit disebabkan karena stress, jadi jika anda mempunyai mekanisme untuk menghilangkan atau mengurangi stress, maka secara otomatis akan meningkatkan kesehatan anda dan seluruh aspek kehidupan anda.

Penelitian yang berhubungan dengan hal ini dapat dilihat di :
http://www.doctorsontm.com/popups/research/insomnia.html

T : Bukankah beberapa stress itu bagus ? Misalnya dapat memacu kita untuk melakukan sesuatu yang biasanya tidak bisa kita lakukan, seperti memenuhi deadline ?
J : Kadang deadline dapat menambah motivasi untuk menyelesaikan sesuatu, tapi ini benar-benar konsep yang salah bahwa orang dapat melakukan lebih baik jika dalam keadaan stress. Pada kenyataannya, orang yang melakukan sesuatu lebih baik dalam situasi yang tertekan adalah orang-orang yang tidak menganggap situasi tersebut sebagai tekanan. Dengan kata lain, tekanan semata-mata menstimulasi orang-orang tesebut, jika dalam keadaan tertekan, maka performansi mereka juga akan terpengaruh.

Jika anda berpikir lebih lanjut mengenai hal ini, kapan saat di mana anda sering melakukan kesalahan ? Saat anda lelah, saat anda stress, dan saat anda melakukan sesuatu terlalu cepat. Kreatifitas dating dari pikiran yang jernih, tenang dan cukup istirahat.

Tidak ada yang salah dengan stess yang muncul sekali-sekali, tapi stress yang kronik akan sangat melemahkan. Dan saat anda dalam keadaan stress, sangat tidak mungkin kreatifitas dan performansi anda dalam keadaan puncak. Alasannya adalah alam menyediakan kita suatu mekanisme untuk menghentikan pre-frontal cortex (bagian dari otak yang berhubungan dengan kemampuan analisa) saat mengalami stress yang ekstrim. Dan apa yang dimaksud dengan “menghentikan otak” adalah semua energi mengalir ke otot. Ini bekerja dengan baik jika anda sedang dikejar oleh beruang, tapi dalam kehidupan sehari-hari, bekerja dengan keadaan seperti ini akan kontra produktif. Dalam beberapa kondisi, performansi orang akan meningkat jika dalam keadaan tertekan. Tapi anda tidak ingin hidup sehari-hari dalam kondisi seperti itu.

Pastinya, anda ingin pre-frontal cortex, seluruh otak anda bekerja, dengan demikian anda dapat merencanakan, mengorganisasikan dan menjadi lebih produktif, lebih efektif dan lebih kreatif. Yang Meditasi Transcendental lakukan adalah meningkatkan komunikasi antara pre-frontal cortex dengan bagian lain dari otak. Meditasi Transcendental memperluas fungsi otak, sebaliknya stress akan mempersempit fungsi otak.

Penelitian yang berhubungan dengan hal ini dapat dilihat di :
http://www.doctorsontm.com/popups/research/integration_of_personality_and_efficiency.html

T : Saya selalu berlibur setidaknya satu kali dalam setahun. Saya merasa stress hilang sebentar, tapi setelah saya kembali bekerja, saya merasakan tekanan datang kembali.
J : Liburan membantu orang menghilangkan stress hanya untuk periode tertentu, tapi tidak dapat menghilangkan stress yang terakumulasi, jadi hanya membantu secara sementara. Apa yang kita butuhkan adalah sesuatu yang dapat meningkatkan daya tahan terhadap stress sehari-hari, jadi stress tersebut tidak mengganggu kesenangan hidup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Meditasi Transcendental tidak hanya menyebabkan pikiran dan tubuh dapat menghilangkan stress yang terakumulasi tapi juga membantu seseorang untuk lebih tahan terhadap stress.

Penelitian yang berhubungan dengan hal ini dapat dilihat di :
http://www.doctorsontm.com/popups/research/reduced_stress_faster_recovery.html

T : Stess dikatakan menjadi penyebab 90% penyakit-penyakit yang ada. Perubahan apa yang terjadi di tubuh akibat adanya stress ?
J : Hal ini dapat dipahami, sebagai contoh, hormon menimbulkan sistem imunisasi. Sistem imunisasi adalah pertahanan yang tidak hanya melawan penyakit menular, tetapi juga melawan kanker. Kegagalan dari sistem imunisasi dapat menyebabkan penyakit jantung. Anda dapat mengumpamakan sebagai korosi di dalam pembuluh darah.

Saat sistem imunisasi stabil dalam kebutuhan dan pengobatan, dan stress lebih kuat, maka sistem imunisasi akan bingung dan kacau, seolah-olah menjadi jauh dari sistem yang seharusnya dilindungi. Seperti polisi yang baik menjadi polisi yang jahat, kehilangan kemampuan dan kewaspadaan untuk melindungi tubuh dari gangguan, dan secara perlahan-lahan menjadi agresif untuk melawan tubuhnya sendiri. Pada awalnya hanya pada level yang sedikit atau tidak terdeteksi, namun pada akhirnya bisa mencapai level yang mencolok. Akibatnya akan menimbulkan penyakit imunisasi tubuh

Penelitian yang berhubungan dengan hal ini dapat dilihat di :
http://www.doctorsontm.com/popups/research/stress_and_pain.html

T : Pada sisi yang positif, apakah level hormon akan menjadi seimbang ketika stress berkurang karena Meditasi Transcendental ?
J : Ya, saat tubuh berkurang stress akibat Meditasi Trancendental, tingkat hormon akan berubah mengikuti perubahan stress. Bertentangan dengan stress, Meditasi Transcendental menghasilkan pemulihan, integrasi dan keseimbangan. Mekanisme penyembuhan ini terjadi di semua level fisiologi manusia yang kompleks. Tanpa harus memikirkan hal ini, seluruh bagian menjadi terintegrasi dan lebih seimbang.
Ini terjadi pada bagian fisiologi yang paling tenang. Karena itu Meditasi Transcendental dapat menghasilkan penyembuhan dan mengintegrasikan seluruh bagian fisiologi yang tidak dapat dilakukan oleh teknik pengaturan stress yang lain. Ini adalah pernyataan yang luar biasa yang dibuktikan berdasarkan penelitian selama lebih dari 40 tahun di seluruh dunia.

Penelitian yang berhubungan dengan hal ini dapat dilihat di :
http://www.doctorsontm.com/popups/research/integration_of_personality.html